Beranda | Artikel
Tiga Kewajiban - Ustaz Afifi
Selasa, 16 Januari 2018

Bismillah.

Berikut ini kami sajikan kembali sebuah rekaman daurah mengambil faidah dari kitab Ushul Tsalatsah yang disampaikan oleh Ustaz Afifi Abdul Wadud, B.A. hafizhahullah.

Di dalam kajian ini beliau menjelaskan tentang struktur pembukaan kitab Ushul Tsalatsah. Pada bagian sebelumnya beliau telah menjelaskan empat perkara yang menjadi kunci kebahagiaan dunia dan akhirat. Keempat perkara ini terambil dari surat al-’Ashr. Keempat hal itu adalah; ilmu, amal, dakwah, dan sabar.

Tanpa ilmu manusia akan seperti mayit yang berjalan, berada di dalam kegelapan. Ilmu adalah cahaya. Tidak ada kebahagiaan tanpa ilmu. Semakin sempurna kehidupan hamba berbanding lurus dengan ilmu yang dia miliki tentang risalah/ajaran Islam ini.

Kemudian beliau menjelaskan isi mukadimah yang kedua yaitu tentang tiga kewajiban. Kewajiban pertama adalah taat kepada rasul. Di dalam Ushul Tsalatsahnya, Syaikh Muhammad at-Tamimi rahimahullah mendoakan kebaikan bagi para pembaca risalahnya. Hal ini memberikan faidah bahwa hendaknya seorang da’i -dan setiap muslim secara umum- memiliki sifat kelembutan dan bersemangat untuk menyampaikan hidayah kepada mereka.

Ustaz juga menjelaskan tentang hakikat agama Islam ini yaitu iman dan istiqomah. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa ada seorang sahabat yang bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang sebuah ucapan yang ringkas tapi luas cakupannya. Maka beliau menjawab bahwa hendaknya dia mengatakan ‘Aku beriman kepada Allah’ lalu istiqomahlah.

Untuk istiqomah ini manusia butuh berjuang untuk menyelamatkan dirinya dari fitnah syubhat dan syahwat. Agama ini adalah harta yang paling mahal. Oleh sebab itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa kepada Allah ‘Ya Allah, janganlah Engkau jadikan musibah menimpa pada agama kami.’ 

Kemudian beliau juga menjelaskan ketiga perkara yang wajib dipelajari dan diamalkan oleh setiap muslim dan muslimah.

Untuk lebih lengkap silahkan menyimak penjelasan beliau dalam rekaman ini [klik]

# Kajian ini direkam pada : tgl. 12 November 2016


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/tiga-kewajiban-ustaz-afifi/